Wednesday, August 10, 2011

Maukah kamu belajar bangun malam ?

bangun malam
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Open Up Your Heart !  
   
Bangun malam untuk mengerjakan shalat malam, seperti shalat tahajud atau shalat hajat ? Aduh, beratnya. Jangankan untuk shalat, untuk sekedar buang air saja malas. Bukan begitu ?
     
Kenapa berat ? Tentu saja karena kita tidak memiliki alasan dan keuntungan yang jelas dengan mengerjakan shalat malam itu. Coba ingat kita hendak menonton tayangan klub bola kesayangan kita hendak berlaga. Kita tentu tidak sungkan - sungkan, bukan ? Atau ketika hendak mempersembahkan surprise untuk kekasih atu teman hidup yang mau ultah.      Padahal, dinyatakan bahwa pada setiap sepertiga malam terakhir Allah SWT selalu berkunjung ke langit bumi. Di saat itulah doa - doa yang dipanjatkan hamba - hamba-Nya yang tulus akan dijawab dan dikabulkan !     


   " Dan siapapun yang meminta ampunan-Ku niscaya Aku akan mengampuninya. "             


Sekarang sudah banyak diterbitkan buku buku klinis hasil penelitian ilmiah yang mengungkapkan kedahsyatan bangun malam dan shalat malam yang ternyata dapat meningkatkan kualitas, tidak hanya psikologis dan spiritual, tetapi juga fisik.

Adapun tips bangun malam ( menurut imam ghazali ) yaitu :
- tidak terlalu banyak makan dan minum,
- kurangi kegiatan yang mengundang rasa lelah baik fisik maupun psikis,
- sisihkan waktu sebentar di siang hari menjelang shalat dhuhur untuk qailullah (tidur sejenak)
- dan terakhir, meminimalisir kegiatan yang mengandung dosa karena hal itu mengundang kerasnya hati, rasa malas dan memutus rahmat-Nya.

Semoga sobat semua bisa bangun dan sholat malam ya.................

Keep " Semangat Bangun Malam dan Shalat Malam "

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.

Postingan / Artikel yang Serumpun



21 comments:

Said Arsyad said...

wah, indah bgd sob.
wah, indah bgd sob.

dokunimus said...

Semoga kita semua bisa melakukannya dengan baik ya sob.

Ayo kita belajar bangun malam !

bopfive5 said...

iy apalagi skrang amalannya gede banget ya

dokunimus said...

@ bopfive5 : betul sekali sob, amalan qiyamul lail, pahalanya dilipat gandakan.

Ladida said...

sebisa mgkin saya lakukan sob, tapi ngga teratur sih, kadang smangat, kadang malesnya keluar, hehee
ada tips buat saya? hehehe

onesetia82 said...

memang untuk bangun tengah malam sangat susah qita amalkan,,,padahal itu adalah hal yg dicontohkan oleh Rasulullah SAW,,,!!!

dokunimus said...

@ ladida : itu sudah merupakan awal yang bagus sob, tinggal ditingkatkan aja. Ada sob tips tips untuk bangun malam yaitu tidak terlalu banyak makan dan minum, kurangi kegiatan yang mengundang rasa lelah baik fisik maupun psikis, sisihkan waktu sebentar di siang hari menjelang shalat dhuhur untuk qailullah (tidur sejenak) dan terakhir, meminimalisir kegiatan yang mengandung dosa karena hal itu mengundang kerasnya hati, rasa malas dan memutus rahmat-Nya. ( menurut imam ghazali ).
Semoga bermanfaat.

dokunimus said...

@ onesetia82 : selama ada niat yang sungguh sungguh, Insya Allah kita bisa melakukan bangun malam dan shalat malam sob. Insya Allah bisa.

TEKINFO said...

udah ane follback,gan...no 87(Anwar Karimov)

sori telat....karena sibuk dg tugas kuliah..

Henderick™ said...

udah difollback gan :) maap yah lama follbacknya,,, Korean and Komputer,,

Catatan si Boy said...

betul betul.. malas banget hehe.. apalagi sebelum tidur capek fitness, djamin ga bisa bangun2.. heheh :D

btw, follow back sukses sob.. :D

dokunimus said...

@ all : makasih atas follbacknya :)

@ catatan si boy : betul itu sob, sebaiknya kurangi kegiatan fisik yang membuat kita sangat lelah.

COF said...

Memang berat banget sob godaannya, terima kasih tipsnya, mudah2an bisa..

hgh review said...

Sorry.I have no knowledge about this language.

Admin Gudangnya Software said...

follow sukses gaan ,,,, no 100, gambar mozilla, sukses terus ya gan...

Arkan Azis Kusuma said...

Alhamdulillah sering bangun malam untuk Tahajjud. Tapi ya itu, kadang kalao capek banget jadi ketiduran lagi. Padahal udah bangun. Atau kadang pas lagi shalat sering hampir ketiduran. hehehehe makasih ya atas sarannya.

dokunimus said...

@ COF : Sama sama sob. Suatu yang baik memang selalu ada aja godaannya untuk tidak melakukannya. Insya Allah bisa
@ Admin Gudangnya Software : thanks sob, makasih sob atas doanya. Semoga sobat sukses juga.

@ Arkan Aziz Kusuma : Alhamdulillah. Semoga kita semua, Insya Allah dikonsistenkan shalat malamnya.

Asoka Siite said...

Kalau saya sih,Alhamdulillah sudah sering bangun malam. ckckckck.. .
Follow sukses GAn. #101.

dokunimus said...

@ asoka siite: Alhamdulillah.

Terima kasih. Salam blogger.

Er'end said...

Wa'alaikumsalam
Alinea kedua kriterianya ko sama dengan diriku yach,hehehe.Sangat bermanfaat sekali sob,ane laksanakn tipsnya,makasih ya.

dokunimus said...

Wa'alaikumsalam
Sama sama sob, senang bisa membantu.
Ayo kita laksanakan dengan istiqomah

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home