Sunday, September 18, 2011

Kata Mutiara Mari Bergerak by Mufti besar Imam Syafi'i

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Jumpa lagi nich sobat, sekian lama ndak ngeblog alias ndak bergerak gerak ngetik di blog nih, maklum sibuk liburan hehehe. Kemarin pas ramadhan, saya baca buku Negeri 5 Menara. Namun yang dibahas kali ini bukan isi keseluruhan buku tersebut. Melainkan temuan ( wuis "temuan", bahasanya ndak nguwati nich adminnya ) saya terhadap sebuah kutipan kata mutiara karya Mufti besar Imam Syafi'i yang menurut saya sangat bagus.Kata mutiaranya tentang Dibalik kata " Bergerak " . Tanpa menunda datangnya Ilmu baru, yuk kita lihat sama sama kata mutiara dari Mufti besar Imam Syafi'i :


Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jka tidak, kan keruh menggenang

Singa jka tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.

Imam Syafi'i

Dari kata mutiara di atas, kita dapat ambil hikmahnya seperti :
- Gerakkan pikiranmu, gerakkan badanmu, jangan berdiam diri. Buatlah Sesuatu untuk negerimu.
- Carilah Ilmu dan asah ilmu dimanapun, meski harus ke negeri china.
- Janganlah takut merantau. Siapa tahu, setelah kau merantau, kau akan dapatkan suatu yang berharga untuk dirimu, keluargamu, tetanggamu, dan orang sekitarmu yang berada di kampung halamanmu.
- Selalulah berusaha, jangan diam termenung, berpikir cemas saja. Insya Allah akan ada jalan keluar. Allah selalu dekat pada orang orang yang berusaha.
- Manisnya hidup adalah buah kerja kita dari Usaha keras kita pantang mengenal lelah.

Itulah sedikit hikmah yang bisa disimpulkan oleh admin. Mungkin sobat mau menambahkan ?. Silakan ketikkan di kotak komentar. Jangan malu malu gratis kok...

Semoga bermanfaat. Jika di rasa artikel ini bermanfaat bagi sobat lainnya, boleh kok artikel ini di sebar. Bisa ke facebook, twitter dan lain lain.
So, Move... move...
Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Postingan / Artikel yang Serumpun



5 comments:

Hermawan said...

Bener tuh bang,...
ane mau nambahin : Jika kita ingin mendapatkan sesuatu hampirilah dengan usaha.

Thanks.

Share Our Knowledge said...

wuih, sipp, setuju banget saya.

dokunimus said...

Thanks sob, mari kita move...move...not stay.

( maaf jika inggrisnya salah ya )

Feby Oktarista Andriawan said...

Mantap, selalu cari pengalaman baru utk menjadi lebih baik lagi..:)

dokunimus said...

@ feby Oktarista Andriawan : betul gan. Pengalaman adalah guru yang terbaik.

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home