Wednesday, July 11, 2012

Biasakan Untuk Terus Bersabar !

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Open Up Your Heart !

Mungkin Anda akan berkata, " Bersabar sampai kapan ?  Satu bulan, dua bulan ?  Satu tahun, dua tahun ?  Atau satu abad, bila mungkin seumur hidup ?

Ya, jawabnya.  Kenapa tidak ?

Hanya masalahnya, pengertian sabar ketika mendapatkan perlakuan aniaya dan sewenang - wenang sering dipahami dengan nrimo, menyerah pasrah dan kalah.  Padahal dalam penegrtian sabar, juga terkandung kemampuan untuk mencari segala kemungkinan altenatif untuk menyelesaikan masalah.

Bagaimana mungkin bisa mencari alternatif bila cobaan datang hingga kita dipenjara, dipecat, dan bahkan dibunuh ?

Di penjara pun banyak orang bisa melakukan sabar dalam pengertian tadi.  Almarhum Hamka dipenjara.  Hasan Al-Banna dipenjara.  Sayyid Qutub dipenjara.  Mereka semua tetap dapat mempertahankan makna sabar yang benar.

Walaupun seseorang yang saleh dibunuh, maka Allah SWT sendiri berjanji akan memberikan ganjaran yang hebat : surga-Nya !

Persoalannya, kehidupan dunia itu durasinya berapa lama ?  Bandingkan dengan waktu akhirat yang sehari saja dikatakan ekuivalen dengan 1000 tahun waktu dunia !  Jadi, sebenarnya penderitaan yang dipikul itu belum ada seperempat hari pun di akhirat, bukan ?

Wallahu 'Alam Bis Shawab



Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Postingan / Artikel yang Serumpun



0 comments:

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home