Wednesday, May 25, 2011

Pneumonia

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pneumonia
adalah infeksi saluran nafas akut bagian bawah yang mengenai parenkim paru. Menurut anatomis, pneumonia pada anak dibedakan menjadi pneumonia lobaris, pneumonia interstitialis, dan bronkopneumonia.


Etiologi Pneumonia
Umumnya adalah bakteri, yaitu Streptococcus pneumoniae dan Haemophillus influenzae. Pada bayi dan anak kecil ditemukan Staphylococcus aureus sebagai penyebab pneumonia yang berat, serius dan sangat progresif dengan mortalitas tinggi.

Patogenesis Pneumonia
Bakteri penyebab terisap ke paru perifer melalui saluran napas menyebabkan reaksi jaringan berupa edema, yang mempermudah proliferasi dan penyebaran kuman. Bagian paru yang terkena mengalami konsolidasi, yaitu terjadinya sebukan sel PMN (polimorfonuklear), fi­brin, eritrosit, cairan edema dan kuman di alveoli. Proses ini termasuk dalam stadium hepatisasi merah. Sedangkan stadium hepatisasi kelabu adalah kelanjutan proses infeksi berupa deposisi fibrin ke permukaan pleura. Ditemukan pula fibrin dan leukosit PMN di alveoli dan proses fagositosis yang cepat. Dilanjutkan stadium resolusi, dengan peningkatan jumlah sel makrofag di alveoli, degenerasi sel dan menipisnya fibrin, serta menghilangnya kuman dan debris.

Proses kerusakan yang terjadi dapat dibatasi dengan pemberian antibiotik sedini mungkin agar sistem bronkopulmonal yang tidak terkena dapat diselamatkan.

Manifestasi Klinis Pneumonia
Secara umum dapat dibagi menjadi:
a. Manifestasi nonspesifik infeksi dan toksisitas berupa demam, sakit kepala, iritabel, gelisah, malaise, nafsu makan kurang, keluhan gastrointestinal.

b. Gejala umum saluran pernapasan bawah berupa batuk, takipnu, ekspektorasi sputum, napas cuping hidung, sesak napas, air hunger, merintih, dan sianosis. Anak yang lebih besar dengan pneumonia akan lebih suka berbaring pada sisi yang sakit dengan lutut tertekuk karena nyeri dada.

c. Tanda pneumonia berupa retraksi (penarikan dinding dada bagian bawah ke dalam saat bernapas bersama dengan peningkatan frekuensi napas), perkusi pekak, fremitus melemah, suara napas melemah, dam ronki

d. Tanda efusi pleura atau empiema berupa gerak ekskursi dada tertinggal di daerah efusi, perkusi pekak, fremitus melemah, suara napas melemah, suara napas tubuler tepat di atas batas cairan, friction rub, nyeri dada karena iritasi pleura (nyeri berkurang bila efusi bertambah dan berubah menjadi nyeri tumpul), kaku kuduk/meningismus (iritasi meningen tanpa inflamasi) bila terdapat iritasi pleura lobus atas, nyeri abdomen (kadang terjadi bila iritasi mengenai diafragma pada pneumonia lobus kanan bawah). Pada neonatus dan bayi kecil tanda pneumonia tidak selalu jelas. Efusi pleura pada bayi akan menimbulkan pekak perkusi.

e. Tanda infeksi ekstrapulmonal.


Komplikasi Pneumonia
Abses kulit, abses jaringan lunak, otitis media, sinusitis, meningitis purulenta, perikarditis, dan epiglotis kadang ditemukan pada infeksi H. 1nfluenzae tipe B.

Diagnosis Pneumonia
Ditegakkan berdasarkan riwayat penyakit dan pemeriksaan fisis yang sesuai dengan gejala dan tanda yang diuraikan sebelumnya, disertai pemeriksaan penunjang. Diagnosis etiologi dibuat berdasarkan pemeriksaan mikrobiologi dan/atau serologi.

Karena pemeriksaan mikrobiologi tidak mudah dilakukan; dan bila dapat dilakukan pun kuman penyebab tidak selalu dapat ditemukan, WHO mengajukan pedoman diagnosis dan tatalaksana yang lebih sederhana.

Berdasarkan pedoman tersebut pneumonia dibedakan atas:

o pneumonia sangat berat: bila ada sianosis sentral dan tidak sanggup minum, harus dirawat di RS dan diberi antibiotik.

o pneumonia berat: bila ada retraksi, tanpa sianosis, dan masih sanggup minum, harus dirawat di RS dan diberi antibiotik.

o pneumonia: bila tidak ada retraksi, tetapi napas cepat:

    > 60x/menit pada bayi < 2 bulan
    > 50x/menit pada anak 2 bulan - 1 tahun

    > 40x/menit pada anak 1 - 5 tahun

tidak perlu dirawat, cukup diberi antibiotik oral.

o bukan pneumonia: hanya batuk tanpa tanda dan gejala seperti di atas, tidak perlu dirawat, tidak perlu antibiotik.

Bayi di bawah 2 bulan harus dirawat karena perjalanan penyakit lebih bervariasi, komplikasi dan kematian sering terjadi.

Pemeriksaan Penunjang pada Pneumonia

o Pemeriksaan darah menunjukkan leukositosis dengan predominan PMN atau dapat ditemukan leukopenia yang menandakan prognosis buruk. Dapat ditemukan anemia ringan atau sedang.

o Pemeriksaan radiologis memberi gambaran bervariasi:

Bercak konsolidasi merata pada bronkopneumonia
Bercak konsolidasi satu lobus pada pneumonia lobaris
Gambaran bronkopneumonia difus atau infiltrat interstisialis pada pneumonia stafilokok
o Pemeriksaan cairan pleura.

o Pemeriksaan mikrobiologik, spesimen usap tenggorok, sekresi nasofaring, bilasan bronkus atau sputum, darah, aspirasi trakea, pungsi pleura atau aspirasi paru.



Penatalaksanaan Pneumonia
o Oksigen 1-2 L/menit

o IVFD dekstrose 10% : NaCl 0,9% = 3 : 1, + KCl 10 mEq/500 ml cairan. Jumlah cairan sesuai berat badan, kenaikan suhu, dan status hidrasi.

o Jika sesak tidak terlalu hebat, dapat dimulai makanan enteral bertahap melalui selang nasogastrik dengan feeding drip.

o Jika sekresi lendir berlebihan dapat diberikan inhalasi dengan salin normal dan beta agonis untuk memperbaiki transpor mukosilier.

o Koreksi gangguan keseimbangan asam basa dan elektrolit.

o Antibiotik sesuai hasil biakan atau berikan:

Untuk: kasus pneumonia community base:

Ampisilin 100 mg/kgBB/hari dalam 4 kali pemberian
Kloramfenikol 75 mg/kgBB/hari dalam 4 kali pemberian
Untuk kasus pneumonia hospital base:

Sefotaksim 100 mg/kgBB/hari dalam 2 kali pemberian
Amikasin 10-15 mg/kgBB/hari dalam 2 kali pemberian

Sumber : http://wiki.blogbeken.com/

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Postingan / Artikel yang Serumpun



3 comments:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum mbak-mbak dan mas-mas...
Bagus kreasi kalian. Jadi anak muda memang harus semangat ! Kalian sudah berpahala, tulisan kalian bermanfaat bagi saya. Tapi coba tambahkan referensi yang kalian gunakan, ya ? Good Luck !
(http://www.facebook.com/kustiyoro)

Dendi said...

Dapusnya minn???

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home