Tuesday, January 10, 2012

Tabel Pemeriksaan Denver II dan jadwal imunisasi terbaru

Assalamu'alaikum Wr Wb,
Pasti sudah tahu kan apa pemeriksaan denver II itu ? Yups, pemeriksaan denver II adalah suatu pemeriksaan yang digunakan u/ screening perkembangan Anak dari lahir sampai usia 6 tahun, yang meliputi 4 aspek penilaian yaitu personal sosial, motorik kasar, bahasa, dan motorik halus dengan 125 item di dalamnya.

Pada kesempatan ini saya akan share Tabel / Grafik Pemeriksaan Denver II Berbahasa Indonesia dalam bentuk gambar PNG, jelas gambarnya, dan paling penting mudah dibaca. Langsung saja, kita lihat Tabel Pemeriksaan Denver II Berbahasa Indonesia

denver ii
Klik gambar untuk memperbesar, klik kanan save image as..
- Jika belum bisa menyimpan gambar  Tabel / Grafik Pemeriksaan Denver II, klik kanan pada gambar > open link in new tab > save image.

Setelah men - share Tabel / Grafik Pemeriksaan Denver II, satu lagi yang ingin saya share yaitu jadwal  jadwal imunisasi terbaru ( 2011 ),

jadwal imunisasi terbaru
Klik gambar untuk memperbesar, klik kanan save image as..

- Jika belum bisa menyimpan gambar jadwal imunisasi terbaru 2011 , klik kanan pada gambar > open link in new tab. save image.

Dan berikut adalah keterangan yang tertulis pada jadwal imunisai 2011 rekomendasi IDAI :

•  Hepatitis B: Pertama diberikan dalam waktu 12 jam setelah Iahir.

•  Vaksin Polio: Diberikan saat kunjungan pertama. Bayi yang lahir di RB/RS diberikan vaksin OPV saat bayi dipulangkan untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain. Selanjutnya untuk polio-1, polio-2, polio-3 dapat diberikan vaksin OPV atau IPV.

•  Vaksin BCG :  Optimal diberikan pada umur 2 sampai 3 bulan. Bila vaksin BCG akan diberikan sesudah umur 3 bulan, perlu dilakukan uji tuberkulin. Bila uji tuberkulin pra-BCG tidak dimungkinkan, BCG dapat diberikan, namun harus diobservasi dalam 7 hari. Bila ada reaksi lokal cepat di tempat suntikan (accelerated local reaction), perlu dievaluasi lebih lanjut ( diagnostik TB ).

•  Vaksin DTP : Diberikan pada umur 3 – 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan Hepatitis B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan dan 5 tahun. Program BIAS: disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementerian Kesehatan. Untuk anak umur di atas 7 tahun dianjurkan vaksin Td.

•  Vaksin Campak : Diberikan pada umur 9 bulan, vaksin ulangan diberikanpada umur 5 — 7 tahun. Program BIAS : disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementerian Kesehatan.

•  Vaksin Pneumococcus (PCV) : Dapat diberikan pada umur 2,4,6, 12-15 bulan. Pada umur 5 – 12 bulan, diberikan 2 kali dengan interval 2 bulan; pada umur >1 tahun diberikan 1 kali, namun keduanya perlu dosis ulangan 1 kali pada umur 15 bulan atau minimal 2 bulan setelah dosis terakhir. Pada anak umur di atas 2 tahun PCV diberikan cukup satu kali.

•  Vaksin Rotavirus : Monovalen (Rotatrix) diberikan 2 kali, vaksin rotavirus pentavalen (Rotateq) diberikan 3 kali, Rotarix dosis I diberikan umur 6 - 14 minggu, dosis ke-2 diberikan dengan interval minimal 4 minggu. Sebaiknya vaksinasi Rotarix slesai diberikan umur 16 minggu dan tidak melampaui umur 24 minggu. Vaksin Rotateq : dosis ke-1 diberikan umur 6-112 minggu, interval dosis ke-2, dan ke-3, 4-10 minggu, dosis ke-3 diberikan umur < 32 minggu ( interval minimal 4 minggu ).

•  Vaksin Varicella : Dapat diberikan setelah umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Bila diberikan pada umur >12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.

•  Vaksin MMR : Dapat diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapat vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya MMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.

•  Vaksin Influenza : Diberikan pada umur ≥ 6 bulan, setiap tahun. Untuk imunisasi primer anak 6 bulan - < 9 tahun diberi 2 x dengan interval minimal 4 minggu.

•  Vaksin HPV : dapat diberikan mulai umur 10 tahun. Jadwal vaksin HPV bivalen (Cervarix) 0,1, 6 bulan; vaksin HPV tetravalen 0, 2, 6 bulan.

Like this yo ..!

Semoga Tabel Pemeriksaan Denver II dan jadwal imunisasi terbaru bermanfaat, Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Postingan / Artikel yang Serumpun



19 comments:

WahidBlog said...

mantapp gan lanjutkan karyanya, salam 7 FB

Wahidun said...

di tunggu sob artikel hebat lainnya

BlogS of Hariyanto said...

sungguh informasi yang sangat bermanfaat untuk para calon bapak dan ibu yang sedang menanti kelahiran buah hatinya :)

Cirebon-Cyber4rt said...

nice post sob, sukses selalu ya :D

orangorangan said...

Wah, ijin save kebetulan saya punya baby, jadi bisa mantau perkembangan nih, thx infonya!

meetmed said...

ijin share buat di page ini yah http://www.facebook.com/Dunia.Sophie.Elizabeth
thanks =)

derosteller said...

Aku anak baru 7 FB salam kenal ya om!!!

dunia tambang said...

artikel yang bagus mas,
kunjungan siang mas.

Musa Khairul Umam said...

datang sambil membawa award untuk anda

dan kalo bisa tolong awardnya dijemput y thx :)

Doodeyz said...

ada award silahkan diambil :)

MHARJIPES.COM said...

postingan terbaru nigh, lanjut berkarya sobat

Salam 7 FB

Dede Rosadi said...

Permintaan telah dilaksanakan, laporan selesai!

Black Angel Syndicate said...

sip sob.. makasih infonya :D

IT-Soft Center said...

woooww...nice post gan........:)

Mharjipes dot Com said...

Singgah lg nigh di blog sobat, sambuil nunggu postingan angetnya

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home