Thursday, April 28, 2011

5 Langkah Mempercepat Windows Versi Microsoft

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
       
speed up computer
 
Ada banyak cara untuk mempercepat lajunya sistem operasi Windows. Seperti yang sudah kita ketahui, jika Windows sudah di jalankan sekian lama, maka performance Windows bisa melambat. Hal ini di sebabkan dengan semakin banyaknya data dan aplikasi yang semakin banyak saja terinstalasi kemudian terintegrasi dengan Windows. Nah, kemarin saya iseng-iseng masuk situs resmi Microsoft, dan mendapatkan 5 langkah untuk mempercepat Windows XP/Vista/7 kita. Yuk coba kita lihat kelima langkah tersebut.
Langsung aja, disitu di sarankan :

1.    Free up disk space (membebaskan ruang hard drive). 

Ya, karena semakin sering kita membuka file dan aplikasi maka aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat file-file yang bersifat temporary tapi sering kali setiap aplikasi tersebut di tutup, file-file temporary tersebut tidak di hapus dengan bersih. Sebetulnya bisa kita hapus satu-persatu file sampah tersebut, tetapi Windows sudah menyediakan alatnya yang bernama Disk Cleanup (Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools) atau bisa juga anda memakai program 3rd party seperti CCleaner.


2.    Speed up access to data (mempercepat akses data).

Langkah yang paling tepat untuk melakukan ini adalah dengan mendefragmentasi hard drive kita. Dengan banyaknya file yang kita ubah dan tambahkan pasti banyak sekali file-file yang terpecah-pecah. Nah, jika jumlahnya sudah banyak dan kita sering mengakses file yang terfragmentasi itu, di jamin pasti loading akan lambat. Solusinya adalah dengan menggunakan alat Disk Defragmenter (Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools). Usahakan anda melakukan defrag secara rutin (frekuensi defrag tergantung aktifitas anda menulis file ke hard drive anda).


3.    Detect and repair disk errors (mendeteksi dan memperbaiki kerusakan/kesalahan drive).

Kalau yang ini ngga usah di tanya ya… kalo hard drive anda ada kesalahan tentu tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk itu anda perlu memeriksanya secara berkala. Anda bisa menggunakan aplikasi Error Checking Utility. Untuk memanggil aplikasi ini tinggal buka My Computer, lalu klik kanan hard drive yang ingin anda periksa, klik menu Properties lalu di tab Tools, klik tombol Check Now.


4.    Protect your computer againts spyware (Lindungi komputer anda melawan spyware).

Dengan adanya program-program yang tak terlihat ini tentu akan membebani processor dengan signifikan. Karena selain dia residen di memory tentu juga di mengawasi lalu lintas data dan ini akan membuat semakin parah saja. Untuk mengatasi hal ini anda dapat memakai program anti spyware atau juga instal anti virus di komputer anda.


5.    Learn all about ReadyBoost (pelajari semua tentang ReadyBoost).

Fitur yang inovatif ini hanya bisa anda dapatkan di Windows Vista ke atas. Dengan ReadyBoost anda bisa menambah memory komputer anda dengan instan yaitu dengan menancapkan flash drive anda yang tentu mendukung ReadyBoost. Dengan begitu kerja komputer akan semakin cepat saja.

Nah, dari 5 poin dari Microsoft tersebut mana menurut anda yang paling tidak tepat untuk mengatasi kelambatan komputer kita?

Ok. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman - teman Anda juga ya. Terima kasih. Keep " berbagi itu Indah "

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Postingan / Artikel yang Serumpun



2 comments:

dok-unimus said...

Silakan sempatkan diri Anda berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berarti bagi blog ini.

Mira Angelo said...

Terimakasih infonya kakak

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home