Sunday, January 8, 2012

Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya

vonis masuk neraka
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Open Up Your Heart !

Memvonis orang masuk neraka dan menuduh bahwa Allah SWT tidak akan mengampuni dosa - dosanya adalah sumpah serapah yang tidak disukai Allah SWT.

Kenapa ? Karena soal mengampuni dosa orang itu hak prerogratif Allah SWT. Jadi, ketika ada orang memvonis atau mengatakan bahwa dia pasti tidak diampuni, maka Allah SWT marah sekali karena dia telah berlaku melampaui kewenangannya sebagai manusia.

Pada substansinya, masuk surga dan masuk neraka itu menjadi milik Allah SWT. Manusia tidak perlu berperilaku seakan akan dirinya adalah agen atau dealer resmi penjualan tiket surga. Kalau manusia diserahi menjadi petugas resmi penjualan tiket ke surga. Ya paling paling kacau dan akan berakhir rusuh ...( misal : saat penyelenggaran SEA GAMES, dan Piala AFF tahun kemarin ). Bukan begitu ?

Ok lanjut lagi. Orang seperti yang digambarkan di atas kelak di akhirat, dikatakan amal kualitas dan mutu perbuatannya akan turun dan jatuh.

Memang, kita semua bisa berpendapat baik atau buruk atas tingkah laku dan perkataan orang lain. Tapi bukan berarti kita berhak memvonis dia akan masuk surga, seperti ilustrasi dibawah ini

" Manusia berkata kepada manusia lain : dia itu orangnya sholat terus , rajin ke pengajian, baik murah senyum. Pasti dia masuk surga. Saya jamin dah dia masuk surga, nggak mungkin dia masuk neraka"


atau ilustrasi memvonis masuk neraka dan tidak terampuni dosa dosanya,

" Manusia berkata kepada manusia lain : dia itu orangnya suka mabuk, berjudi, zina , mencuri. Pasti dia masuk neraka. Saya jamin dah dia masuk neraka, nggak mungkin dia masuk surga, kau pasti tak dapatkan ampunan dari Allah SWT "

Memvonis orang masuk neraka dan menuduh bahwa Allah SWT tidak akan mengampuni dosa - dosanya adalah sumpah serapah yang tidak disukai Allah SWT. Dan bukan haknya manusia melakukan itu. Kalau kita melakukan itu, berarti kita sok tahu/ sombong. Padahal yang Maha Mengetahui adalah Allah SWT.

Hikmah apa yang sobat dapatkan dari postingan dan ilustrasi Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya ? Kalau sobat berkenan bisa di ketikkan di kotak komentar.

Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.
Terima kasih. Sekian postingan Jangan memvonis seorang karena dosa dosanya, semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum Wr Wb

Postingan / Artikel yang Serumpun



17 comments:

WahidBlog said...

pertamnya dolo sob

WahidBlog said...

bener yang ente katakan mengatakan dosa atau tidaknya adalah hak ALLAH bukan kita MANUSIA

Wahyu Arief said...

Mas tolong ganti Link "Koran Ice Wahyu" dengan Link "ABC-XP"

7FB

Mharjipes dot Com said...

Betul sobat, setidaknya jangan Main Hakim sendirilah

WahidBlog said...

wah gitu ya sob, makasih gan pencerahannya

Mania-Xp said...

sob, kan "Cirebon-Cyber4rt" belum memasang widget 7FB kok sudah di pajang???

Black Angel Syndicate said...

mantap sob... hadir kembali di blog anda... hadir dengan membawa perdamaian... maaf baru hadir... :)

Ipang Sableng said...

jangan main hakim sendiri di dunia jika di akhirat tidak ingin di hakimi semena mena

Outbound Malang said...

betul sobat, yang berhak memvonis setiap orang hanyalah Allah swt. kita tidak boleh menjudge orang lain sebelum kita mengerti diri sendiri..
terima kasih sudah berbagi sobat..
ditunggu kunjungan baliknya ya
salam persahabatan..

Mania-Xp said...

sip dah...

dante marari said...

setuju............

tidak perlulah memvonis orang lain, mending marilah kita sama-sama introspeksi diri...


hm tapi kok nyinggung masalah sea games gan...?????

Pakistani matrimonial sites said...

Thanks for this nice informative blog. Really too impressing.
Pakistan marriage | Pakistani Shadi

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home