Sunday, June 24, 2012

Jangan Sekali kali berbuat Zalim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Open Up Your Heart !

Sesungguhnya Allah SWT adalah Tuhan Kebaikan dan Kasih Sayang,  seperti yang tergambar dalam Basmalah. Allah SWT secara pribadi telah membuat pernyataan bahwa diri-Nya tidak pernah berbuat zalim terhadap makhluknya.  Maka, orang muslim pun dilarang berbuat zalim, termasuk zalim terhadap diri sendiri.

Apa itu zalim ?  Orang mungkin terbiasa mengatakan kata zalim sama dengan kata zhalim -- dari kata zhulm, yang dalam bahasa Arab berarti gelap.  Dalam banyak terjemahan bahasa asing, zalim sering dijumpai dengan padanan oderdrukken ( Belanda ) atau oppression (Inggris ), artinya penindasan atau kesewenang - wenangan.  Ada buku yang diberi judul The Oppressed Education, karya Paulo Piere.  Kalau tidak salah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh pak Jimly Asshiddiqie.  Artinya pendidikan kaum tertindas.

Dari situ, berbuat zalim bisa diartikan perbuatan menindas orang lain.  Tapi, dalam riwayat sering dijumpai berbuat zalim kepada diri sendiri.  Apa artinya ?

Sebenarnya, secara substansi dari turunan kata tadi, siapa pun yang melakukan penindasan sesungguhnya telah menindas dirinya sendiri.  Penindasan mebuat psikologis dan rohani pelakunya menjadi tertindas juga.

Ketika orang hendak melakukan penindasan ke luar, kuasa kebajikan harus ditindas, harus dimatikan dahulu menjadi kuasa gelap, god-darkness (zhulm).  Artinya, god-goodness(nurani) harus ditindas, ditekan, dan dibunuh sehngga kuasa jahat bisa berkuasa.

Sebenarnya, sebelum seseorang melakukan kezaliman, terlebih dahulu terjadi sebuah pertempuaran hebat dalam dirinya.  Ya, mirip armageddon.  Jadi, melakukan kejahatan itu sesungguhnya berat, kecuali bagi mereka yang sudah membunuh hati nuraninya.

Kenapa orang tidak boleh zalim ?

Allah SWT membuat pertanyaan retoris,  " Dulu kamu kelaparan, lalu siapa yang memberimu makan ? Dulu kamu telanjang, lalu siapa yang memberimu pakaian ? Nah, apakah pantas buatmu melakukan kezaliman ?

Akulah Yang Mahakaya.  Tidak akan berkurang kekayaan-Ku bila semua orang di bumi meminta !

Allah Yang Mahamulia.  Bila ada orang yang bertakwa atau jahat hatinya,  tidak berkurang kemuliaan - Ku.  Bahkan, bila seluruh umat manusia kafir kepada-Ku, tidak berkurang kemuliaan-Ku, walau seatom pun ! "

Wallahu 'Alam Bis Shawab



Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Postingan / Artikel yang Serumpun



5 comments:

Ehwansah Jailani said...

Ya Allah semoga saja apa yang aku lakukan di dunia Mu ini... tidak membuat kesesatan dalam hidupku sehingga aku menzalimi diri ku....

makasih sob... ini sangat menegur hatiku....

Keretaminiku.Com Produsen Kereta Mini Mainan di Indonesia said...

Oke Banget Niehh Blognya

Darmawan Saputra said...

yess... akhirnya ketemu juga,
dari tadi aku cari-cari ini sob..
info yg bermanfaat sekali..
ijin bookmark ya :D



#Semoga Sehat Selalu

Ellisgxdm said...

@ kang Ehwan : amin. @ kereta dan darmafan : sama sama sob.

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home