Saturday, April 9, 2011

Apakah Pagi ini Kita Sudah Membuat Niat Baik ?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Open up your heart !

Niat, tujuan, target dan sasaran adalah hal hal yang memotivasi dan menggerakkan seseorang melakukan tindakan. Bahkan niat, tujuan, target dan sasaran juga ditengarai sebagai suatu hal yang mendorong seseorang berprestasi, get a need of achievement .

Lalu apa perlunya mencanangkan goodwill atau niat baik ?

niat baik

Niat baik ( goodwill ) untuk melakukan sesuatu pada pagi hari misalnya, tentu mendorong seseorang melakukan aksi nyata yaitu kebajikan. Contoh sederhana, seseorang hendak berangkat kerja sudah menyediakan uang receh untuk pengamen atau pengemis jalanan. Apakah niat itu kemudian terealisasi ? Belum tentu. Bisa saja ada hal yang menghalangi seperti hari hujan atau kendaraan mengalami kerusakan di jalan sehingga harus membatalkan berangkat bekerja.

Meskipun demikian, niat baik ( goodwill ) itu ternyata sudah dicatat sebagai kebaikan, meski belum terlaksana. Niat itu ternyata sudah menjadi modal atau saham yang bergerak dalam rekening amal kebaikan.

Tapi uniknya, ketika seseorang berniat jahat tapi tidak sempat terlaksana, mungkin akibat orang yang hendak ditipu atau dicelakai tidak ditemukan, rekening kejahatan orang tadi tidak mengalami penambahan.

 Lalu apa rahasianya ? Rupanya bahwa kebaikan atau kebajikan ( good ) adalah amal yang sangat disukai Allah SWT . Meski baru sebatas niat pun sudah dimasukkan dalam rekening amal kebajikan. Bagaimana kalau niat baik ( goodwill ) itu benar benar bisa terealisasi ?

Allah SWT berjanji akan melipatkan poin kebajikan menjadi sepuluh sampai tujuh puluh kali. Jadi, kenapa tidak memulai dengan hal - hal yang tampak remeh - temeh ini ?

Open up your heart !


Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.
Semoga manfaat dan Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Postingan / Artikel yang Serumpun



3 comments:

http://mandailingnatal.com/ said...

insya ALLAH bro, niat baik kita di terima ALLAH apapun itu, niat jahat kita di hilangkan oleh ALLAH sehingga kita tak berdosa karena telah berlaku jahat dan curang, ALLAH maha tahu yang lahir maupun yang bathin

Aymee Quispe said...

Amin.

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home