Monday, May 7, 2012

Tahukah kamu apa ukuran amal di mizan akhirat ?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Open Up Your Heart !

Mizan, apa itu ?

mizan timbangan
Mizan berarti timbangan. Kata mizan diturunkan dari kata kerja zaana - yaziinu, yang artinya menimbang.

Di akhirat, setelah manusi dikumpulkan di padang mahsyar, amal perbuatan mereke di kemudian ditimbang di mizan. Amal apa pun besar kecilnya akan terlihat di situ.  Mizan memliki presisi yang sangat akurat.  Tidak ada amal sebutir atom pun, baik kebajikan ataupun kejahatan, yang tidak tertimbang.  Jadi, tidak perlu cemas dan khawatir bila kita berderma dengan sepenuh hati, namun tidak dicatat atau tidak diumumkan oleh panitia sumbangan.

Shalatlah yang menjadi tolak ukurnya.  Siapa yang shalatnya sempurna, tidak pernah luput, lalu dihayati dan diaplikasikan pesan - pesannya dalam kehidupan sehari - hari maka cukuplah dia.

Bukankah banyak orang setelah shalat kemudian dia kembali ke tempat kerja lalu menipu, korupsi, atau mencuri lagi ?

Bahkan, kadang ada joke dari khatib dalam khutbah jumat agar meninggalkan yang buruk dan mengambil yang baik, eh malah diselewengkan dengan meninggalkan sandal buruk dan mencuri sandal yang lebih baik milik orang lain.

Nah, tapi bila shalat orang yang ditimbang tidak sempurna, maka Allah SWT akan menyuruh agar dilihat apakah dia mengerjakan shalat shalat lainnya, semisal nawafil (tambahan ) - plural dari nafila.

Kalau shalat seseorang dinilai benar bukan hanya segi fikih - fikihnya, maka amal - amal yang lain mengalir mudah.  Kenapa ?  Karena shalat telah menjadi esensi, jiwa, core, yang menafasi dan menyemangati semua aktivitas keseharian.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat.



Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Postingan / Artikel yang Serumpun



prev dokunimus next dokunimus dokunimus home