Saturday, June 9, 2012

Tahukah kamu manfaat Al Fatihah ?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Open Up Your Heart !

Membaca Al - Fatihah ? Tentu kita kerap membacanya, minimal 17 kali sehari semalam.  Kita membacanya di setiap rakaat dalam shalat kita, bahkan kita juga kadang melebihkannya dengan melakukan shalat nafilah ( shalat sunnah atau tambahan ).

Memang Ada apa dengan Al - Fatihah ? Al - Fatihah sendiri artinya pembukaan, preambule, muqaddimah-nya Al - Qur'an.  Ia semacam ekstrak atau esensinya.  Bagi yang sudah pernah membuat skripsi atau thesis, Al - Fatihah bisa dikatakan sebagai abstraksi.  Isinya menjadi gambaran pokok dari seluruh isi masalah dan persoalan yang akan dibahas di dalam penelitian.  Al - Fatihah disebut juga dengan Ummul Qur'an , yang berarti induk Al - Qur'an, core-nya.

Karena sangat esensial, Al - Fatihah kemudian menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sahnya shalat.  Siapa pun yang mengerjakan shalat,  tapi dia tidak membaca Al - Fatihah, maka shalatnya dinilai tidak sempurna atau masih kurang.

Kenapa demikian ? Ada yang tahu nggak ?

alfatihah

Allah SWT sesungguhnya telah membagi shalat ke dua bagian : satu bagian milik Allah SWT, dan satu bagian lain milik hamba - Nya.

Ketika hamba - Nya membaca, " Alhamdulillahi Rabbil 'aalamiin,"  Allah SWT akan menjawab, " Hamba - Ku memuja - Ku."

Ketika hamba - Nya membaca, " Ihdinash Shiraat al mustaqiim,"  Allah SWT menyahut, " Ini bagian milik hamba - Ku, maka baginya apa yang dia mintakan."

Ketika seseorang benar - benar memahami pesan - pesan shalat dengan sepenuh pikiran dan jiwanya, dari segi membaca Fatihahnya saja sudah cukuplah.

Tapi sayangnya, sesuatu yang sudah menjadi rutinitas, hafalan verbal, seringkali membuat luput dari peresapan dan penghayatan.  Ia menjadi suatu yang mengalir saja, tanpa meninggalkan jejak - jejak kesan setelah membacanya.

Kalau memang demikian, tentu masih ada yang harus dibenahi dengan shalat kita, minimal dengan memulai menyelami samudra Al - Fatihah.

Wallah 'alam bis-Shawab



Sumber :

- Sulaiman, Tasirun. 2009. 40 Sms dari Rasulullah. Erlangga : Jakarta

Baca juga 40 SMS dari Rasulullah lainnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Postingan / Artikel yang Serumpun



0 comments:

prev dokunimus next dokunimus dokunimus home